Cara Tepat Membedakan Pendarahan Implantasi Dan Menstruasi

Ada banyak tanda dan ciri ciri hamil 1 bulan yang berbeda dan sebagian besar hampir sama dengan ketika akan munculnya darah haid. Pendarahan juga bisa menjadi tanda bahwa Anda hamil, dan kami menyebutnya “pendarahan implantasi”.

Meskipun pendarahan implantasi tidak umum terjadi, hal ini merupakan sesuatu yang dikhawatirkan banyak wanita. Pendarahan implantasi juga dapat membingungkan tanggal yang mungkin diberikan bidan kepada Anda untuk perkiraan tanggal lahir Anda, berdasarkan pada hari pertama periode menstruasi terakhir Anda.

Ketika Anda menemui bidan atau dokter, mereka akan menanyakan kapan periode menstruasi terakhir Anda dan juga apakah itu ‘lebih ringan’ dari biasanya. Dari sini mereka dapat menyimpulkan apakah ini adalah pendarahan implantasi dan ‘tanggal’ kehamilan Anda 4 minggu sebelumnya atau bukan. Ini penting untuk dilakukan guna menentukan usia kehamilan Anda ya moms.

Apa itu implantasi?

Setelah sel telur Anda dibuahi, ia harus melakukan perjalanan melalui saluran tuba Anda, ke dalam rahim Anda dan menggali ke dalam lapisan rahim Anda, atau ‘implan’. Tahap ini biasanya memakan waktu sekitar tujuh hari sejak pembuahan. Aturan praktisnya adalah ovulasi terjadi sekitar dua minggu setelah hari pertama haid terakhir Anda, dan pembuahan sekitar 24-36 jam setelah ovulasi.

Dalam kondisi ini umumnya sperma dapat bertahan hingga tujuh hari, sehingga hari bahwa Anda melakukan hubungan intim mungkin bukan tanggal yang Anda bayangkan. Sperma dapat dengan mudah menunggu hingga satu minggu di tuba falopi Anda untuk dapat membuahi telur, yang sebaliknya biasanya hanya akan hidup selama 24-36 jam. Tanggal konsepsi Anda semua berkaitan dengan ketika tubuh Anda melepaskan sel telur.

Grafik di bawah ini menunjukkan perjalanan waktu untuk kehamilan pada seseorang dengan siklus menstruasi 28 hari.

  • Hari 1: Hari pertama menstruasi Anda
  • Hari 7 – 15: Bersenggama
  • Hari 14: Ovulasi
  • Hari 14-15: Pemupukan
  • Hari 21: Implantasi (kemungkinan pendarahan)
  • Hari 28: Masa uji kehamilan positif dan hamil 4 minggu

Seperti apa bentuk pendarahan implantasi?

Darah biasanya berwarna coklat atau merah muda dan biasanya berbentuk bercak pada celana dalam Anda. Kondisi ini jelas berbeda dengan siklus menstruasi, yang man aumumnya darah yang keluar warnanya sedikit cerah dan jumlahnya kaan meningkat. Namun meskipun demikian, sampai saat ini maish banyak wanita yang mengalami kebingungan dalam membedakan darah menstruasi dan juga darah implantasi. Bahkan jika darah yang keluar merupakan pendarahan implantasi, mereka hanya akan beranggapan kalau yang keluar itu adalah darah menstruasi, apalagi bagi Anda yang barus saja mengalami kehamilan.

Berapa lama pendarahan implantasi bertahan?

Pendarahan implantasi biasanya berlangsung sekitar 1-2 hari, tetapi bisa berlangsung mulai dari beberapa jam hingga berbintik-bintik selama berhari-hari, dan menjadi sangat ringan. Seperti halnya segala sesuatu, setiap orang mengalami kondisi yang berbeda, dan beberapa wanita mungkin merasa bahwa pendarahan implantasi berlangsung selama periode mereka.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *