Gejala Awal Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi

Saat ini saya masih belum memauski periode menstruasi, bahkan bisa dikatakan telat. Apakah itu pertanda kalau saya hamil? Apakah mungkin saya bisa merasakan ciri atau gejala kehamilan dengan mudah sebelum telatnya menstruasi? Atau bahkan, saya hanya bisa merasakan gejala tersebut jika saya sudah telat menstruasi?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut kerap kali memenuhi pikiran Anda, dan Anda ingin mencari jawabannya sesegera mungkin. Anda tidak perlu risau, karena Anda datang ke tempat yang tepat, mengapa? Karena di kesempatan ini kami akan membahas semua bentuk keraguan Anda.

Telat menstruasi biasanya merupakan petunjuk terbesar yang Anda cari untuk mengonfirmasi kehamilan, tetapi jika Anda memiliki siklus yang tidak teratur, hal ini akan sulit untuk diprediksi. Mungkin ketika hal ini terjadi, Anda memiliki keinginan besar untuk melakukan serangkaian tes, namun Anda masih ragu dan takut kalau hasilnya tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Ciri Ciri Akan Hamil Sebelum Telat Haid

Nah, di bawah ini ada beberapa ciri atau bahkan gejala kehamilan yang bisa Anda pahami sebleum Anda telat menstruasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Payudara yang sakit

Payudara Anda mungkin terasa berbeda dari yang biasanya. Beberapa wanita menemukan puting mereka lebih sensitif atau payudara mereka sedikit sakit, atau tampak lebih penuh dari biasanya. Bagi yang lain perasaan ini tidak terjadi sampai akhir kehamilan. Beberapa wanita menemukan peningkatan vena superfisialis di atas payudara atau nodul kecil yang muncul di areola, di sekitar puting susu.

2. Sering buang air kecil

Mungkin Anda akan sering pergi ke toilet, entah untuk sekedar buang air kecil atau buang air besar. Biasanya frekuensi buang air kecil akan meningkat ketika Anda hamil, hal ini dikarenakan kondisi Rahim yang mengalami pembesaran, sehingga menekan bagian kandung kemih.

Kondisi ini biasanya akan hilang selama trimester kedua kehamilan, namun akan meningkat kembali ketika kehamilan Anda memasuki trimester tiga, bahkan frekuensinya akan semakin meningkat.

3. Merasa lelah

Keletihan adalah gejala awal yang umum. Beberapa wanita merasa benar-benar kehabisan tenaga ketika mereka melakukan sebuah pekerjaan, meskipun pekerjaan tersebut tidak begitu berat. Ini biasanya berkurang setelah 12 minggu, dan sering disebut sebagai fase ‘mekar’.

4. Mual dan muntah

Mual dan muntah cenderung dominan pada trimester pertama dan kadang-kadang terjadi juga di trimester dua kehamilan, hal ini umumnya dikarenakan oleh perubahan hormon yang terus meningkat.

5. Selera yang berubah

Banyak diantaranya para wanita yang ketika mereka mengetahui kalau mereka hamil, mereka mulai merubah selera mereka. Bahkan mereka memastikan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan juga makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang seimbang.

6. Keputihan

Peningkatan keputihan yang berwarna putih atau bening umum terjadi pada awal kehamilan. Jika berwarna atau berbau, beri tahu dokter umum Anda untuk segera mendapatkan penanganan.

7. Sakit kepala

Seiring dengan perasaan mudah lelah, Anda juga akan mengalami kondisi dimana Anda mudah merasa sakit kepala.

8. Sembelit

Sembelit juga umum dialami ibu-ib hamil, terutama ibu hamil muda dan hamil tua. Hal ini dikarenakan kondisi Rahim yang terus membesar, sehingga menjadikan semeblit sebagai salah satu tanda atau gejala kehamilan.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai ciri atau gejala hamil sebelum haid. Semoga informasi yang kami sampaikan di kesmepatan ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi pembaca sekalian. Terima kasih!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *