Mengenal Ciri Ciri Hamil 4 Bulan

Moms, menginjak usia 4 bulan kehamilan patsinya sudah banyak perubahan yang terjadi pada tubuh dan diri Anda bukan? Sekarang bukan hanya perut Anda yang semakin terlihat, namun janin dalam kandungan juga saat ini sudah banyak mengalami perkembangan yang cukup pesat setiap harinya.

Di usia 4 bulan kehamilan umumnya bayi sudah bisa bergerak, bahkan ia sudah bisa memberikan respon jika Anda mengajaknya berinteraksi atau bahkan ketika suami mengelus lembut perut Anda. Hal ini di karenakan di usia 4 bulan bayi sudah memiliki respon yang cukup baik ya moms.

Coba Anda rasakan gerakannya, pasti menyenangkan, bukan? Meskipun gerakannya belum terasa begitu aktif, namun Anda harus bersyukur jika di usia 4 bulan ini Anda sudah bisa merasakan gerakan buah hati tercinta Anda. Dengan begitu Anda bisa memastikan kalau si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik di dalam perut.

Jika seperti itu, apa saja ciri ciri hamil 4 bulan? Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa hamil 4 bulan merupakan kehamilan yang mulai memasuki trimester 2, itu artinya Anda tidak akan lagi merasakan gejala kehamilan ketika trimester pertama yang bisa membuat Anda merasa kesal, salah satunya adalah morning sickness. Namun bukan berarti Anda tidak akan menemukan masalah kembali, karena memasuki usia 4 bulan kondisi perut Anda mulai membesar, itu berarti Anda akan merasakan sulitnya mendapatkan tidur nyenyak.

Ciri-ciri Hamil 4 Bulan

Nah, di bawah ini ada beberapa ciri hamil 4 bulan yang bisa Anda pelajari dan pahami agar Anda bisa mencari cara untuk mengatasi kondisi tersebut jika Anda merasa tidak nyaman, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Konstipasi

Meningkatnya kadar progesteron mengubah proses pencernaan yang menyebabkan tertundanya buang air besar dan sembelit. Minum banyak air dan termasuk diet tinggi serat akan mengurangi ketidaknyamanan ini dan memudahkan pencernaan.

2. Sering buang air kecil

Kondisi Rahim yang semakin hari semakin membesar memberikan tekanan tambahan pada kandung kemih. Karena itu, Anda akan sering ingin buang air kecil.

3. Napas pendek

Perut Anda yang semakin besar juga akan memberi tekanan pada paru-paru, sehingga sulit bernapas dengan benar. Oleh karena itu umum untuk mengalami sesak napas atau napas cepat.

4. Mulas

Dengan benjolan yang tumbuh, ada tekanan tambahan pada sistem pencernaan. Ini juga akan mendorong asam lambung ke atas, menyebabkan mulas. Perubahan diet dapat membantu mengurangi stres pada saluran pencernaan.

5. Gusi berdarah

Hormon kehamilan melembutkan gusi dan meningkatkan sensitivitasnya. Ini akan menyebabkan memar dan pendarahan saat menyikat gigi.

6. Mimisan

Peningkatan pasokan darah di hidung memberi tekanan lebih pada pembuluh darah kecil di dalam hidung. Ini akan membuat mereka lebih rentan terhadap pecah, menghasilkan mimisan.

7. Morning sickness

Meskipun umum terjadi pada trimester pertama, mual dan muntah juga dapat dialami pada bulan-bulan kehamilan berikutnya termasuk memasuki usia kehamilan 4 bulan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kondisi ini tidak akan separah ketika Anda mengalaminya di trimester pertama kehamilan.

8. Keputihan

Banyak ibu hamil yang merasa khawatir akan kondisi ini, namun nyatanya hal ini terbilang normal. Namun jika keputihan yang keluar memiliki tanda abnormal, maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter atau bidan. Keputihan yang dialami ibu hamil umumnya terjadi karena adanya perubahan hormonal dalam tubuh.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *