Mengenal Gejala Hamil 3 Minggu

Pada kehamilan tiga minggu, sudah saatnya sperma memenuhi sel telur. Seperti yang kami sebutkan di minggu kedua, sperma pasangan Anda melakukan perjalanan yang sangat sulit untuk membuahi sel telur Anda, tetapi jika berhasil dan Anda mengandung, inilah minggu ketika bayi Anda akan mulai terbentuk. Gejala apa yang perlu Anda perhatikan dan saran apa yang membantu pada tahap ini?

Ukuran Janin Usia 3 Minggu

Saat ini, bayi Anda menyerupai bola yang berisikan sekitar 100 sel seukuran kepala jepit. Ini secara resmi disebut sebagai blastokista.

Yang Dilakukan Janin Usia 3 Minggu

Dalam beberapa jam setelah dibuahi, sel telur Anda akan mulai bergerak dari saluran tuba ke rahim Anda, dan sel telur yang dibuahi (sekarang secara medis disebut sebagai zigot) akan membelah menjadi 16 sel yang identik. Perjalanan ini bisa memakan waktu hingga enam hari, jadi implantasi mungkin tidak akan terjadi sampai minggu keempat. Bagian dalam massa sel akan menjadi embrio itu sendiri dan membentuk kantun. Massa sel luar akan menjadi plasenta.

Ciri Ciri Hamil 3 Minggu

Nah, di bawah ini ada beberapa gejal aatau ciri ciri hamil 3 minggu yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rasa penciuman yang tinggi

Perubahan indra penciuman Anda adalah efek samping dari meningkatnya hormon estrogen. Jika Anda mencium beberapa aroma di sekitaran Anda, biasanya Anda akan merasa tidak suka bahkan akan tercium sangat menyengat. Hal ini bisa menjadi salah satu pertanda kalau tubuh Anda tengah bersiap-siap untuk bayi mungil Anda.

Kondisi ini umumnya bisa menyebabkan mual dan muntah di pagi hari, dan akan berlangsung selama beberapa minggu ke depan. Mungkin Anda berfikir untuk beralih ke perlengpana mandi yang tidak memiliki aroma yang menyengat, dan hal ini merupakan cara terbiak.

2. Tekanan perut

Jangan khawatir, perasaan tertekan atau bahkan kram seperti menstruasi tanpa pendarahan akan anda rasakan, dan tidak perlu panik. Anda mungkin merasakan sensasi penanaman embrio, peningkatan aliran darah ke daerah ini atau bahkan penebalan rahim Anda. Jika Anda khawatir, maka Anda dianjurkan untuk segera menemui dokter kandungan atau bidan.

3. Rasa logam

Efek samping umum dari kehamilan adalah rasa logam, yang disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh Anda. Efek samping ini biasanya akan menetap pada trimester kedua, meskipun ini terbilang normal, namun Anda bisa mencoba mengatasinya dengan meminum minuman segar.

4. Mual

Ketika hormon kehamilan hCG muncul di tubuh Anda, Anda mungkin merasa mual yang disertai muntah,  atau bahkan Anda akan merasakan sakit kepala. Jika Anda sudah menderita mual di pagi hari, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa hal, misalkan seperti keluar ruangan untuk menghirup udara segar atau bahkan mencari aroma wewangian yang tidak begitu menyengat yang bisa menenangkan diri Anda.

5. Pendarahan implantasi

Jika embrio kecil Anda yang akan segera lahir telah sampai di rumah barunya, Anda mungkin melihat sedikit bercak keluar dari area vagina. Hal ini terjadi ketika telur yang dibuahi bersembunyi di dinding rahim Anda. Ada beberapa cara tertentu untuk mengetahui perbedaan antara pendarahan implantasi dan menstruasi.

6. Telat menstruasi

Telat menstruasi adalah salah satu tanda kehamilan yang cukup akurat. Ketika Anda mengalami telat menstruasi, Anda bisa langsung membeli test pack, cobalah lakukan tes kehamilan di rumah sendiri sebelum Anda pergi ke dokter.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *