Nutrisi & Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil

Menurut para ahli kesehatan, asupan gizi dan nutrisi ibu hamil harus benar-benar diperhatikan. Bahkan apapun makanan yang dikonsumsi harus mencakup vitamin ibu hamil, diantaranya seperti:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Vitamin
  • Mineral
  • Lemak

Jika dilihat dari itu semua, Anda harus mendapatkan nutrisi dan vitamin yang tepat untuk kesehatan kehamilan dan perkembangan janin dalam kandungan Anda.

Asupan gizi seimbang adalah cara terbaik untuk menerima nutrisi yang diperlukan, tetapi suplemen vitamin juga bisa bermanfaat. Suplemen vitamin prenatal dianjurkan bahkan akan ditambah vitamin atau mineral tambahan jika dokter Anda menemukan adanya hal yang tidak beres pada perkembangan si janin.

Ingat, suplemen tidak menggantikan diet sehat, tetapi lebih memastikan bahwa seorang wanita menerima nutrisi harian yang cukup.

Penting untuk dicatat bahwa wanita hamil bisa mengkonsumsi suplemen vitamin hanya dengan rekomendasi langsung dari penyedia layanan kesehatan.

Nutrisi Dan Vitamin Ibu Hamil

Penting untuk diingat bahwa dengan diet sehat, Anda harus bisa mendapatkan vitamin dan mineral dalam jumlah penuh. Bicarakan dengan dokter kandungan Anda tentang suplemen tambahan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup asupan vitamin / mineral, dan Anda tidak melebihi maksimum harian untuk setiap vitamin / mineral, untuk menghindari overdosis / toksisitas.

Karena diet sehat harus menyediakan sebagian besar atau tidak semua vitamin dan mineral ini, Anda kemungkinan tidak perlu mengonsumsi suplemen prenatal yang mengandung 100% dari tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) yang mana datanya ada di bawah ini:

  • Vitamin C: untuk wanita hamil di bawah 18 tahun, 80 mg disarankan; untuk mereka yang di atas 18 tahun, direkomendasikan 85 mg.
  • Asam Folat / Folat: semua level antara 400 dan 800 mikrogram / mcg (atau 0,4 dan 0,8 miligram / mg) biasanya aman untuk kehamilan; tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda untuk menemukan tingkat yang tepat untuk Anda.
  • Kalsium: untuk wanita hamil di usia remaja, disarankan 1300 mg; untuk mereka yang berusia 20 tahun ke atas, disarankan 1000 mg.
  • Seng: untuk wanita hamil di bawah 18 tahun, 13 mg disarankan; untuk mereka yang di atas 18 tahun, 11 mg disarankan.
  • Vitamin A & Beta Karoten: 770 mcg, maks setiap hari = 1000 mcg
  • Vitamin D: untuk ibu hamil takaran atau dosis yang direkomendasikan sekitar 5 mcg atau sekitar 600 IU, maks harian = 4000 IU
  • Vitamin E: 15 mg, harian max = 1000 mg
  • Thiamin / B1: 1,4 mg
  • Riboflavin / B2: 1,4 mg
  • Niacin / B3: Jumlah atau dosisi yang direkomendasikan yaitu sekitar 18 mg, maks harian = 35 mg
  • Pyridoxine / B6: 1,9 mg, maks setiap hari = 100 mg
  • Vitamin B12: 2,6 mcg
  • Asam Folat / Folat: 400 – 800 mcg †, maksimum harian = 1000 mcg
  • Kalsium: 1.000 – 1.300 mg ‡
  • Zat Besi: 27 mg
  • Protein: 71 g

Jika Anda memiliki batasan diet atau kekhawatiran bahwa Anda mungkin tidak mendapatkan cukup vitamin atau mineral tertentu, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda dan / atau ahli gizi tentang opsi suplemen atau rekomendasi diet.

Untuk informasi lebih lanjut tentang vitamin dan mineral khas, Anda akan menemukan vitamin prenatal, lihat artikel kami Bahan Vitamin Prenatal.

Suplemen Untuk Ibu Hamil

Selain makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang cukup banyak, biasanya dokter juga akan merekomendasikan Anda untuk mengkonsumsi multivitamin atau suplemen jika asupan nutrisi, gizi dan vitamin harian Anda kurang. Umumnya multivitamin yang direkomendasikan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Folamil Genio

Ibu hamil biasanya akan dianjurkan untuk mengkonsumsi Folamil Genio dikarenakan manfaat dari multivitamin ini yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan Anda. Multivitamin jenis ini adalah salah satu jenis suplemen yang baik digunakan bumil guna menjaga kesehatan ibu serta janin dalam kandungan. Mengapa? Karena memiliki kandungan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil.

2. Promavit

Promavit sendiri adalah salah satu bentuk suplemen yang mana umumnya digunakan untuk membantu Anda untuk menunjang kesehatan serta gizi para ibu hamil dan juga menyusui. Suplemen jenis ini memiliki kandungan vitamin, mineral, dan juga omega 3 yang sudah terbukti ampuh digunakan para ibu hamil atau bahkan ibu menyusui.

Tidak hanya itu, suplemen ini juga memiliki kandungan minyak ikan tuna sekitar 358 mg, EPA sekitar 25 mg, asam lemak omega 3 sekitar 129 mg, serta asam folat sekitar 150 mcg.

3. Elkana

Elkana merupakan salah satu jenis obat atau suplemen untuk ibu hamil yang mana merupakan kombinasi dari kedua jenis zat yang sangat aktif, diantaranya yaitu vitamin dan juga mineral. Dikarenakan kandungan vitamin dan juga mineralnya yang cukup banyak, maka dikatakan obat ini adalah salah satu jenis multivitamin yang aman dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui bahkan dikonsumsi oleh anak-anak.

4. Natavit

Natavit 30s merupakan salah satu jenis suplemen yang memiliki kandungan DHA, Folic acid dan juga Arachidonic acid. Natavit sendiri adalah salah satu jenis suplemen asam folat yang mana diperuntukkan bagi ibu hamil serta mereka yang tengah menyusui.

Selain itu, suplemen Natavit ini juga memiliki kandungan asam folat yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil guna membanyu tumbuh kembang janin dalam kandungan terutama bagian otak si janin. Natavit ini juga nyatanya tidak dianjurkan digunakan oleh mereka yang sudah menjalankan proses operasi, dan jika ingin digunakan, sebaiknya pergunakanlah setelah melangsungkan operasi agar lebih aman digunakan dan tidak memberikan efek samping yang buruk.

5. Osfit DHA

Osfit DHA adalah salah satu bentuk suplemen yang diperuntukkan bagi ibu hamil, yang man asangat bermanfaat untuk membantu memenuhi setiap kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Disini nutrisi yang dimaksu yaitu DHA dan juga kalsium, dimana kedua kandungan nutrisi ini sangatlah penting guna menunjang pertumbuhan serta perkembangan tulang si janin dalam kandungan serta perkembangan otak calon buah hati Anda ya moms.

Pemberian suplemen ini ternyata juga bisa dikombinasikan dengan beberapa produk lain yang memang bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin dan juga mineral jenis lainnya yang mana belum terkandung di dalam Osfit DHA, diantaranya seperti kandungan vitamin E, vitamin Fe, Vitamin B kompleks dan beberapa kandungan lainnya.

Namun hanya sedikit saran, bagi Anda yang ingin mencukupi kebutuhan vitamin dan juga mineral lainnya, maka peresepan ini bisa Anda konsumsi bersamaan dengan FEROFORT atau bahkan EMINETON.

Nah, itu dia tadi beberapa hal yang berkaitan dengan vitamin ibu hamil dan beberapa jenis suplemen atau multivitamin yang diperuntukkan bagi ibu hamil. Semoga informasi yang kami sampaikan di kesempatan ini bisa memberikan manfaat yang cukup luar biasa bagi Anda semua. Terima kasih!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *